Join 4Shared Now!

Jumat, 27 Maret 2009

DESKRIPSI MATA KULIAH JURUSAN FISIOTERAPI

DESKRIPSI MATA KULIAH JURUSAN FISIOTERAPI
1.BIOLOGI
SEMESTER: 1 ( 2 SKS )
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ajaran ini membahas manusia dalam kehidupanya, masalah keturunan, genetika., kesehatan dan lingkungannya, kekeblan , infeksi, sterilisasi dsan disinfeksi. Proses belajar mengajar diselenggarakan dengan metode kuliah dan diskusi

2.ANATOMI 1
SEMESTER: I ( 3 SKS )
DISKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas tentang struktur organ dalam, sirkulasi, dan pembuluh darah, serta persyarafan yang diuraikan dalam sistem muskuloskeletal, kardiovaskuler, respirasi, urogenetalis, digestifus, neuro muskular, intergumen. Mempelajari kenampakan struktur normal dalam gambaran radiologik dan prinsip-prinsip yang berhubungan dengan penampakan normal dalam gambaran CT Scan dan Ultrasound.

3.FISIOLOGI
SEMESTER: I ( 3 SKS )
DISKRIPSI MATA KULIAH
Pokok mata ajaran ini merupakan fisiologi dasar yang memberikan kesempatan kepada peserta didik memahami mekanisme kerja fungsi-fungsi sistem dan organ tubuh manusia.meliputi fungsi sistem kardiorespirasi, sistem neuro muskular dan neuro fisiologi, sistem muskuloskeletal, sistem digestifus, sistem genetalia,sistem urinaria, sistem endokrin dan hormonal, sistem intergumen dan sistem sekresi serta homeostasis

4.ETIKA PROFESI
SEMESTER: I ( 2 SKS )
DESKRIPSI MATA KULLIAH
Mata kuliah ini memberikan gambaran tentang nilai-nilai moral yang memberikan tunutnan bagi fisioterapis dalam melaksanankantugasnya dalam bidang profesi fisioterapi baik yang berhubungan dengan penderita sebagai nidividu,keluarga , masyarakat maupun terhadap teman sejawat dan profesi lain nya.

5.PSIKOLOGI KESEHATAN
SEMESTER: I ( 2 SKS )
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata ajaran ini difokuskan pada pemahaman mwahasiswa terhadap gagasan psikologi yang membantu perkembangan profesi dan praktek fisioterapi dan mendorong pengembangan model histolik dalam sistem kerja fisioterapi. Interaksi fisik dan psikis, teori motivasi, coping behavoir, upaya mencari pengobatan,sterss dan adaptasi, harapan, reaksi patologi dan strategi handling

6.PENDIDIKAN PANCASILA
SEMESTER: I ( 2 SKS )
DISKRISI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas tentang pancasila sebagai dasar negara, landasan idil pembanguan bangsa, falsafah bangsa, kaitan pancasila dengan UUD 1945 dan pembangunan serta penghayatan dan pengalaman pancasila yang berhubungan dengan kesehatan terutama yang berkaitan dengan Fisioterapi.

7.BAHAS INGGRIS
SEMESTER: I ( 2 SKS )
DISKRISI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas tentang bahasa inggris dalam kaitannya dengan pelayanan fisioterapi yang mencakup tata bahasa inggris, penulisan, penerjemahan dan berkomunikasi secara aktif dalam bahasa inggris.

8.DASAR-DASAR KESEHATAN MASYARAKAT
SEMESTER: I ( 2 SKS )
DISKRISI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas konsep sehat sakit , kebutuhan manusia yang meliputi bio-psiko-sosial, prinsip-prinsip kesehatan masyarakat, pencegahan penyakit dan pemeliharaan kesehatan masyarakat secara mandiri dalam kaitannya dengan pelayanan kesehatan utama (Primary Health Care).

9.FISIOLOGI LATIHAN
SEMESTER: 2 ( 3 SKS )
DESKRIPSI MATA KULIAH
Fokus mata ajaran ini meliputi tinjauan tehadap respons fiosiologi sesat maupun jangka panjang terhadap laitihan dan aktifitas, yang meliputi control neuro muscular terhadap gerak serta adaptasi neuromuscular terhadap latihan; regulasi hormonal dan adaptasi metabolisme terhadap latihan; regulasi dan adaptasi cardiorespirasi terhadap latihan dan aktifitas; pengaruh usia dan sex terhadap latihan dan aktifitas. Optimaliasi penampilan dalam latihan dan aktifitas ; tinjauan thermoregulasi dalam latihan, dan latihan dalalm hypobaric,hyperbaric dan mikro grafitasi, serta katifitas fisik untuk kesehatan dan kebugaran.

10.PENDIDIKAN AGAMA
SEMESTER: 2 ( 2 SKS )
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas masalah manusia dengan penciptanya, pokok hukum manusia. Pergaulan sessama manusia, prinsip-prinsip keyakinan dalam berbagai jenis agama. Sehingga dapat digunakan dalam mengembangkan pemikiran dan menerapkan fisioterapi dengan berlandaskan perikemanusiaan serta menghayati keyakian pasien

11.PATOLOGI UMUM
SEMESTER: 2 ( 3 SKS )
DESKRIPSI MATA KULIAH
Fokus mata ajaran meliputi terminology dan konsep patologi, prinsip dan informasi penting yang berhubungan dengan proses penyakit,penyebab dan respon sel, jaringan, organ dan system terhadap proses penyakit, pengaruh cidera pada sel, organ dan system morfologi dan fungsi karakteristik dari penyakit yang sering dan penting, serta dasar molekuler proses penyakit. Pembahasan patologi meliputi infeksi, trauma, neoplasma, degenerasi, heriditair dan lain sebagainya beserta kemungkinan komplikasinya. Aplikasi patologi terhadap fisioterapi yang di antisipasi baik dalam pemeriksaan maupun pengobatan.

12.TERAPI LATIHAN I
SEMESTER: 2 ( 2 SKS )
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip latihan yang esensial dalam intervensi fisioterapi untuk berbagai tingkat usia,tempat dan keadaan. Meliputi aspek fisiologis, kinesiologis, sensomotoris dan aplikasinya. Memahami prinsip-prinsip metabolisme dan integrasi system yang berbeda saat latihan serta penentuan keperluan metabolic selama latihan. Fokus ajaran pada mata kuliah ini adalah pemahaman dan ketrampilan melaksanakan metoda dan teknik terapi latihan dasar meliputi latihan gerak aktif dan pasif.

13.BIOMEKANIK
SEMESTER: 2 ( 3 SKS )
DESKRIPSI MATA KULIAH
Fokus mata kuliah ini adalah pemahaman prinsip mekanik dan struktur serta fungsi tubuh manusia. Mata kuliah ini memberi kesempatan kepada peserta didik untuk memahami jenis, gerak, serta fungsi sendi dalam trunki dan ekstremitas pemahaman dan penganalisaan gerak osteokinematika dan artrokinematika sendi sinovial tubuh serta hubungan antara gerak aktif, pasif, dan isometric,kontribusi otot rangka dalam gerakan sendi selama aktivitas fungsional dan pengaruh factor mekanik dan fisik terhadapnya.

14.SUMBER FISIS 1
SEMESTER: 2 ( 3 SKS )
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini merupakan interaksi antara fisika, matematika, instrument/ peralatan fisioterapi dan teknik penerapannya. Mata kuliah ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan penalaran tentang prinsip-prinsip fisika dan matematika dalam upaya pengetrapannya pada peralatan/ instrumen/ modalitas fisioterapi, pengaruh fisik dan biologis pada jaringan spesifik, indikasi dan kontra indikasinya, beserta aplikasinya.

15.BAHASA INDONESIA
SEMESTER: 2 ( 2 SKS )
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas tentang tata bahasa dan struktur bahasa indonesia yang ditekankan pada kemampuan berbahasa indonesia secara lisan dan tulisan yang baik dan benar, juga memberikan informasi dan kesempatan yang cukup pada mahasiswa untuk membaca, menyusun, dan menulis laporan serta penulisan karya tulis ilmiah dalam bahasa indonesia. Bahasa indonesia juga digunakan sebagai bahasa instruksi dan komunikasi selama pendidikan berlangsung

16.KOMUNIKASI PROFESIONAL
SEMESTER: 2 ( 2 SKS )
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas tentang aspek, peran, proses komunikasi dalam promosi kesehatan. Organisasi dan jenis, prinsip dasar dan penggunaan media komunikasi dalam bidang kesehatan kesehatan. Fokus mata kuliah ini pada proses komunikasi dengan pasien, sejawat, keluarga, tenaga kesehatan, masyarakat.

17.ANATOMI II
SEMESTER: I ( 3 SKS )
DISKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas tentang istilah dan prinsip anatomi, hubungan dari masing-masing jenis struktur anatomi termasuk kulit,fascia dan otot-otot rangka, tulang dan struktur jaringan persendian, pembagian tubuuh manusia menjadi daerah daerah(region), informasi essensial yang berhubungan dengan struktur anatomi khusus

18.TERAPI MANUAL / MASSAGE
SEMESTER: III ( 3 SKS )
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini memberikan prinsip-prinsip dan ketrampilan essensial dalam praktek fisioterapi pada pasien / klien untuk berbagai tingkat usia, tempat dan keadaan. Mata kuliah ini meliputi teori dan praktek manual terapi / massage mulai dari pemahaman anatomi terapan dan biomekanik, aspek neurofisiologis, pemilihan tehnik/ metode intervensi baik bagi orang sakit maupun orang sehat untuk tujuan memelihara kesehatan, gerak dan fungsi. Fokus mata kuliah ini pada penerapan berbagai metoda dan tehnik penanganan manual terapi pada sendi perifer. Selain itu diajarkan pula tehnik-tehnik massage.

19.TERAPI LATIHAN II
SEMESTER: III ( 3 SKS )
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata ajaran ini membahas tentang prinsip-prinsip latihan yang esensial dalam intervensi fisioterapi untuk berbagai tingkat usia, tempat dan keadaan. Meliputi aspek fisiologis, kinesiologis sensomotoris dan aplkasinya. Memahami prinsip-prinsip metabolisme dan integritas sistem yang berbeda saat latihan serta penentuan keperluan metabolik selama latihan. Fokus mata kuliah ini adalah pada pemahaman dan ketrampilan melaksanakan bermacam metoda dan tehnik terapi latihan khusus yang diterapkan pada kondisi dan penyakit tertentu.

20.PEMERIKSAAN FISIOTERAPI I
SEMESTER: III ( 3 SKS )
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kiuliah ini memberikan kesempatan kepada para peserta didik untuk membahas masalah-masalah pencatatan tindakan-tindakan fisioterapi secara sistematis dan benar, untuk memonitor mutu pengolahan fisioterapi dan kaitannya dengan identifikasi, rencana pelaksaanan seta evaluasi tindakan fisioterapi. Rancangan mata kuliah ini ditujukan pada cara-cara pengumpulan data ( cara pemeriksaan fisioterapi, observasi, dan metode pengumpulan data yang lain ) serta interpretasi dan menyusun rencana tindakan fisioterapi berikut mengevaluasinya. Juga penerapan etiket dan etika profesi fisioterapi dalam melaksanakan tindakan fisioterapi. Prinsip dan konsep dari berbagai ilmu digunakann untuk mendasari pemeriksaan fisioterapi, penyusunan program, pelaksanaan dan evaluasi tindakan fisoterapi.

21.PATOLOGI KHUSUS
SEMESTER: III ( 3 SKS )
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membahas berbagai tanda gejala penyakit. Mata kuliah ini membahas tentang berbagai macam kondisi penyakit yang meliputi gangguan fungsi kekuatan otot, jarak gerak sendi, daya tahan, koordinasi dan keseimbangan, seta mundurnya kesegaran jasmani, gangguan persepsi dan komunikasi. Disamping itu juga dibahas tentang : kelainan tonus otot, edema, kontraktur, kelainan sikap, gangguan pola jalan, sesak napas, kelainan sensorik, dll.

22.SUMBER FISIS II
SEMESTER: III ( 3 SKS )
DESKRIPSI MATA KULIAH
Fokus mata kuliah ini merupakan integrasi antara fisika, matematika, instrument / peraltan fisioterapi dan tehnik penerapannya. Mata kuliah ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan penalaran tentang prinsip- prinsip fisika dan matematika dalam upaya penerapannya pada peralatan/ instrument/ modalitas fisioterapi, pengaruh fisik dan biologis pada jaringan spesifik, indikasi dan kontra indikasinya, beserta aplikasinya.
Sumber fisis pada semester ini meliputi : Elektroterapi/ terapi listrik yang terdiri atas arus frekuensi rendah ( low frequency current / LFC ) dan arus frekuensi menengah ( middle frequency current / MFC ) dan arus frekuensi tinggi ( high frequency current / HFC ) serta terapi dengan gelombang suara ( ultrasound therapy / US ).

23.PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
SEMESTER: III ( 2SKS )
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata ajaran ini memberikan pengetahuan tentang falsafah negara, dasar-dasar negara serta bela negara. Mata ajaran ini memberi kesempatan kepada peserta didik untuk membahas nilai-nilai yang terkandung dalm Pancasila agar dapat menghayati dan mengamalkan Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah hidup bangsa. Disamping itu juga membahas Hankamnas dan Hankamrata sebagai pengetahuan untuk menumbuhkan kesadaran bela negara melalui keahlian dan profesinya.

24.AKTIFITAS FUNGSIONAL DAN TERAPI REKREASI (AFR)
SEMESTER: III ( 2 SKS )
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membahas aktifitas fungsional dan rekereasi dalam rangka memberikan ketrampilan essensial dalam praktek fisioterapi. Mata kuliah ini dirancang atas dasar kebutuhan manusia dan aktifitas fungsional produktifitas self care, liesure. Aktifitas yang mendukung perkembangan individu (inter dan intra personel ), kebutuhan somatis psikis, kebutuhan alat bantu anggota tubuh tiruan, atau lain yang sesuai serta rekomendasi pemecahan masalah hambatan arsitektur yang berguna untuk hidup aktif dalam masyarakat kebutuhan keselamatan dan keamanan.
mata kuliah ini dirancang untuk memberikan aktifitas-aktifitas yang bersifat supportif dan fungsional yang dapat dikembangkan untuk berbagai kondisi pasien. Berbagai prinsip dan konsep dari ilmu perilaku, ilmu sosial, ilmu biomekanik dan desain konstruksi diajarkan untuk memberikan pengertian mengenai hal-hal yang mendasari tindakan fisioterapi dalam rangka meningkatkan kemampuan fungsional pasien/klien untuk hidup sehari-hari dalam masyarakat.

25.EPIDEMIOLOGI
SEMESTER: III ( 2 SKS )
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini mengajarkan dasar – dasar epidemiologi deskriptif dan analitik. Mata kuliah ini difokuskan pada penyebaran dan riwayat alamiah penyakit, ukuran – ukuran dalam epidemiologi dan skrining yang mendukung penyelidikan fisioterapi. Pengalaman belajar akan di berikan kepada peserta didik melalui dikusi dan penugasan serta simulasi pemecahan masalah epidemiologi.

26.MANAJEMEN PELAYANAN FISIOTERAPI
SEMESTER: III ( 2 SKS )
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini memeberikan pemahaman dalam hal mememimpin dan mengelola berbagai bentuk organisasi pelayanan fisioterapi. Rancangan mata ajaran ini ditekankan pada prisnsip – prinsip manajemen, mulai dari menyusun perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan kontrol di sertai dengan ilmu pengatahuan lain yang berhubungan dengan manajemen. Misalnya adminiustrasi perkantoran, penerapan ilmu statistik sebagai informasi dalam pengambiloan keputusan, manajemen sumber daya manusia, akuntansi terutama yang berhubungan perhitungan tarif, penyusutan, pengembalian modal (return of invesment), informasi, mutu dan pemasaran sosial fisioterapi.

27.PEMERIKSAAN FISIOTERAPI II
SEMESTER: IV ( 3 SKS )
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini memberikan kesempatan kepada peserta sisik untuk membahas masalah-masalah pencatatan tindakan –tindakan fisioterapi secara sistematis dan benar untuk memonitor mutu pengolahan fisioterapi dan kaitannya dengan identifikasi, rencana pelaksanaan serta evaluasi tindakan fisioterapi. Rancangan mata kuliah ini ditujukan pada cara-cara pengumpulan data (cara pemeriksaan fisioterapi, observasi, dan metode pengumpulan data yang lain ) serta interpretasi dan menyusun rencana tindakan fisioterapi berikut mengevaluasinya. Juga penerapan etiket dan etika profesi fisioterapi dalam melaksanakan tindakan fisioterapi. Prinsip dan konsep dari berbagai ilmu digunakan untuk mendasari pemeriksaan fisioterapi, penyusunan program, pelaksanaan dan evaluasi tindakan fisioterapi.

28.FT MUSKULOSKELETAL I
SEMESTER: IV ( 3 SKS )
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kiuliah ini membahas masalah gerak dan fungsi akibat gangguan / penyakit pada sistem musculoskeletal dan jaringan. Mata kuliah ini membahas pengkajian dan analisa data sebagai dasar untuk merencanakan dan melaksanakan fisioterapi. Rancangan mata kuliah ini menggunakan prinsip-prinsip dan konsep-konsep bebagai ilmu guna mendasari tindakan fisioterapi.

29.FT. KARDIOVASKULER
SEMESTER: IV ( 3 SKS )
DESKRIPSI MATA KULIAH
Fokus mata kuliah ini membahas gerak dan fungsi akibat kelainan/gangguan/penyakit pada sistem kardiovaskuler.
Pambahasan meliputi pengkajian, analisa dan interpretasi data guna merencanakan dan melakukan tindakan fisioterapi, serta untuk evaluasi dan dokumentasi tindakan fisioterapi. Rancangan mata kuliah ini menggunakan prinsip-prinsip dan konsep berbagai ilmu untuk digunakan sebagai dasar pemberian tindakan fisioterapi.

4 komentar:

egaaa mengatakan...

kalo ada bagi2 materi kul nya mbaaak
eheheheheh

about eveything mengatakan...

Kalo lulus fisiotherapy gampang ga g cr krj nya?

Unknown mengatakan...

Padatan akper apa Fisioterapi dalam belajar nya?

Unknown mengatakan...

Kampus mana yg buka prodi fisioterapi

 
© free template by Blogspot tutorial